Pages

Tuesday, October 19, 2010

Phoenix

Merupakan hewan suci penjaga mata angin sebelah Timur dalam legenda Cina. Diceeritakan bahwa phoenix merupakan hewan peliharaan kaisaar langit untuk membantu arwah2 menuju kahyangan.. Menurut silsilah nya,, telur pertama phoenix berubah menjadi elang, telur pertama elang beubah menjadi peacock, telur pertama peacock berubah menjadi ayam. Mengetahui hal tersebut, Kaisar langit memberi sedikit keistimewaan kepada phoenix, mengingat dy hewan suci.

Hewan ini lahir 1000 tahun sekali. Lahir dari telur - yg muncul dari abu phoenix sebelum nya- yg ditempatkan di sarang naga laut timur. Ketika menetas, burung ini terbang meninggalkan lautan dengan sinar keemasan disertai pelangi. Ketika mendekati ajalnya, burung ini mencari majikan (meninggalkan kaisar langit) baru, untuk tinggal bersama. burung phoenix mencari majikan yg waktu ajalnya sama dengan dirinya. ketika telah sampai ajalnya, burung ini akan terbakar dan nyala apinya akan terbang menuju istana kaisar langit. Abu dari tubuhnya, akan meninggalkan beberapa butir telur-jumlah telur berdasarkan jumlah keturunan dari majikan terakhir-yg kemudian dibawa oleh pesuruh naga laut timur. Nanti akan menetas dan 500 tahun kemudian, kesemua phoenix akan bersatu kembali menjadi seekor phoenix suci.
Menurut legenda, Zhuge Liang, penasihat militer Liu Bei, memiliki hewan beberapa tahun ini sebelum ajalnya. Phoenix dikabarkan membawa kebijakan, kemakmuran, kedamaian, serta kematian sekaligus kepada yg memeliharanya..

Setelah Marco Polo datang ke Cina, dia membawa banyak sekali cerita2 dari negeri Timur untuk diboyong ke Eropa. Menurut ahli, mitos phoenix kemudian di adaptaasi oleh bangsa Eropa yg kemudian banyak digunakan untuk diceritakan dalam bumbu2 legenda mereka...

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar tapi tetap menjaga kesopanan.